Tuesday, August 9, 2016

Inspirasi Hari Ini - CHANGE

Hi Sobat, Selamat malam..semoga malam ini kita semua mendapat rasa nyaman yang begitu dalam sehingga dapat melepaskan segala beban dipundak serta menghilangkan rasa penat dan lelah yang telah kita dapatkan seharian ini. Semoga apa-apa yang kita usahakan hari ini menghasilkan sesuatu yang besar untuk kehidupan kita saat ini dan masa yang akan datang.
Masa yang akan datang tak pernah bisa kita prediksi, namun kita bisa membuat masa depan kita sendiri dengan melakukan hal-hal positif saat ini. Masa lalu adalah kenangan, pengalaman dan pelajaran yang kita jadikan batu pijakan untuk mengambil langkah yang lebih tepat.
Namun, tidak semua hal dimasa lalu bisa dijadikan pedoman, karena perubahan jaman begitu cepat dan pesat. Dulu kita berlari mengejar layangan, sekarang anak-anak berlari mengejar Pokemon. Dulu kita harus antri ditelepon umum untuk menghubungi orang tua setelah pulang sekolah, sekarang anak-anak hanya “PING!!!” orang tua nya.
Yup, saat ini menurut saya sedang terjadi revolusi teknologi dimana semua berubah dengan sangat cepat karena perkembangan teknologi. Hal inilah yang membuat kita tidak bisa menjadikan masa lalu selalu menjadi patokan dalam mengambil keputusan. Misalnya, cara mendidik anak, akan sangat berbeda dulu dan sekarang, saat ini anak-anak sangat mudah mendapatkan informasi baik via televise maupun internet. Bahkan ada lelucon satir bahwa anak-anak tidak mau lagi hadiah ulang tahun mobil-mobilan atau boneka, mereka lebih senang kuota internet untuk smartphone mereka.
Perubahan pasti terjadi dan tidak bisa dihindari, perubahan terus bergerak dan melindas mereka yang bertahan pada tiang-tiang lama. Memang bukanlah hal mudah untuk menghadapi perubahan apalagi ketika kita sudah berada pada titik yang begitu nyaman dan menyenangkan, dimana semua kondisi sudah begitu aman dan tepat berada pada posisinya. Namun ketika kita berada dalam Comfort Zone maka pada dasarnya kita dalam kurva menurun dalam hidup.
Mengapa hal itu terjadi, karena ketika kita nyaman, kita tidak akan mencari inovasi baru dan tidak berusaha untuk mencari cara-cara baru. Ketika kita berhenti untuk belajar maka siklus hidup kita secara tidak sadar pun mulai berjalan menuju tombol henti. Perubahan cepat atau lambat, perlahan atau mendadak pasti akan datang. Untuk itulah kita harus mempersiapkan diri terhadap perubahan.
Pada saat perubahan datang, kita akan berada dalam tahapan shock, menentang, melawan atau mungkin kita akan menyalahkan orang lain, kemudian frustasi bahkan depresi. Tapi pada titik tersebut kita mulai berpikir untuk menemukan jalan keluar atas masalah yang ada sehingga kita belajar kembali dan menemukan cara untuk menuju hal baru.
Change Process by Michael Erickson

Belajar dan terus belajar, mencoba hal-hal baru, mau mendengar dan menerima pendapat orang lain merupakan cara agar kita berada dalam perubahan  sehingga kita tidak tertindas oleh perubahan. Saya pernah dalam Comfort Zone, dan menolak segala bentuk perubahan, namun ternyata saya tidak mampu melawannya sehingga saya tergilas dalam kondisi yang sangat tidak menyenangkan. Dan disaat itulah saya mulai sadar akan kesalahan yang saya lakukan dan mulai memperbaiki diri. Dalam proses memperbaiki diri tersebut saya belajar hal-hal baru dan mencoba menemukan langkah baru. Alhamdulillah saya pernah melaluinya..
Janganlah takut akan perubahan Sobat, mungkin kamu akan kehilangan sesuatu yang baik pada saat perubahan tersebut terjadi, tapi yakinlah perubahan itu mungkin akan memberikan sesuatu yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Hadapi perubahan tersebut dan belajarlah untuk berubah.
Semoga bermanfaat dan menginspirasi kita semua..amin..

No comments:

Post a Comment