Friday, August 5, 2016

Inspirasi Hari Ini - Si Tukang Sapu

Hi Sobat, semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan semoga Allah SWT terus melimpahkan karunianya untuk kita semua, dan semoga kita bisa meneladani Rasullulah Muhammad SAW dalam kehidupan kita sehar-hari.
Saya adalah tipe orang yang sangat menyukai suasana pada pagi hari. Nuansa pagi entah itu cuacanya cerah maupun hujan selalu berkesan untuk saya. Adakala ketika pagi buta, kami sekeluarga harus pergi kesuatu tempat, setelah laporan kepada Yang Maha Kuasa via Subuhan, kamipun berangkat. Entah kenapa pada hari itu saya memperhatikan beberapa petugas dinas kebersihan yang membersihkan jalanan.
Dalam setiap sekian ratus meter, saya akan menemukan petugas-petugas kebersihan tersebut, dalam hati saya mengatakan wajar saja kota kami ini selalu dapat penghargaan Adipura, konsistensi dalam menjaga kebersihan terlihat sekali dari apa yang petugas-petugas ini bekerja. Sudah lebih dari 20 kali kota kami ini menerima penghargaan tersebut, it’s amazing kan ya…
Yang menarik adalah para ibu-ibu “Si Tukang Sapu” ini. Kenapa saya sebut ini menarik, karena setiap saya ketemu mereka di tempat yang berbeda, mereka bekerja dengan sangat baik dan saya perhatikan mereka punya gerakan dan cara yang sama dalam menyapu. Dan ibu-ibu hebat ini bekerja tanpa ada yang mengawasi, tidak ada yang nungguin, tapi mereka tetap focus menyapu dengan baik sekali.
Konsistensi mereka dalam bekerja dan memberikan yang terbaik serta komitmen para petugas ini dalam menunaikan tanggung jawab  yang besar untuk menjaga kebersihan kota ini sangat menginspirasi. Banyak karyawan yang pernah saya temukan, ketika si bos tidak ada mereka secara sadar menurunkan kualitas dalam bekerja. Banyak karyawan yang harus ditungguin sama supervisor atau pengawasnya baru bekerja dengan baik.
Tapi tidak dengan mereka, Si Tukang Sapu Kota, mereka hebat dan menginspirasi. Mereka bekerja dengan sangat baik tanpa ditunggui oleh pengawas, karena mereka sadar akan komitmennya dalam bekerja dan mereka memahami bahwa hasil kerja tersebut akan dinikmati dan dirasakan oleh banyak orang.
Adipura Paripurna 2016 yang baru saja diterima kota ini, memberikan efek positif bagi mereka, yaitu para petugas lapangan ini mendapat bonus dari pemkot setempat. Komitmen dan konsistensi selalu menghasilkan, komitmen selalu happy ending, konsistensi selalu membanggakan dan memuaskan.

Semoga inspirasi hari ini bermanfaat untuk kita semua sehingga kita menjadi pribadi yang lebih baik, salam menginspirasi sobat…

No comments:

Post a Comment